Hyundai Kembangkan Airbag untuk Sunroof



Airbag adalah komponen yang paling penting dalam keselamatan berkendara, Apalagi kendaraan yang berkelas premium mereka memiliki lebih dari dua kantung udara (Air bag) untuk jaminan keselamatan pengendara. tak cukup dengan Airbag yang ada, Hyundai Mobis, Bagian dari hyundai Group mengembangkan sistem air bag baru untuk sunroof, ini adalah pertama kalinya produsen mengembangkan airbag pada bagian sunroof dan jika mereka berhasil mengembangkannya mereka akan menjadi trendsetter untuk produsen mobil lainnya.

Dilansir dari pemberitaan situs paultan.org, Hyundai Mobis Menyelesaikan Uji Jalan dan Sejumlah pengetesan lain untuk airbag saunroof pada bulan ini. pengujian atermasuk ketahanan terhadap panas dan getaran, Teknologi baru itu juga sudah diproduksi masal.

Pihak Hyundai Mobis, sebelumnya mengutarakan ide teknologi ini pada konferensi keselamatan otomotif global yang dihelat di Amerika Serikat, Juni lalu. Teknologi itu, kemudian menarik perhatian para institusi besar terkait industri dan keselamatan jalan di sana.


Sistem kantung udara sunroof panoramic mengurangi cedera dengan mencegah penumpang terlempar dari sunroof saat mobil terguling, misalnya. Dalam pengujian menggunakan boneka, terlihat airbag pada sunroof mencegah penumpang terempas keluar dan menjadi bantalan kepala saat terjadi kecelakaan. Sistemnya mirip dengan model airbag tirai yang mengembang dari belakang ke bagian depan. Sensor lantas mendeteksi kalau terjadi perubahan dari sudut laju mobil dan kantung udara mengembang otomatis. Saat dihitung, hanya memerlukan waktu 0,08 detik untuk mengembang.
Dijelaskan lebih lanjut, struktur dari kantung udara pada sunroof, jauh lebih rumit ketimbang airbag pada umumnya. Diperlukan riset lanjutan untuk memastikan airbag itu bisa mengembang dengan stabil dan aman saat dibutuhkan. Hyundai Mobis menargetkan model SUV premium sebagai yang pertama mendapatkan kantung udara sunroof panoramic. Mereka juga berniat menjadi pemimpin di bidang airbag canggih.
Saat ini, sebagai yang paling dasar, mobil punya satu airbag untuk pengemudi. Biasanya dua kantung udara di bagian depan dianggap sudah cukup. Mobil lain yang lebih premium, menargetkan pasar untuk mengangkut orang banyak biasanya punya airbag lebih dari dua. Dengan tambahan pada sisi samping dan tirai pada jendela samping. Dengan adanya airbag pada sunroof semakin menjaga nyawa penumpang di dalam kabin saat terjadi kecelakaan.(Sumber: Oto.com)

Berikut Merupakan Video Uji Coba Airbag pada sunroof yang dilakukan Hyundai Mobis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hyundai Kembangkan Airbag untuk Sunroof"

Post a Comment