Cara Mengatasi AC Mobil Yang Sudah Tidak Dingin




Ac mobil adalah komponen yang sangat penting yang ada didalam mobil terutama kita yang tinggal di indonesia yang beriklim tropis kadang cuaca panas kadang dingin bahkan kadang cuaca sangat panas sekali, nah untuk menghadapi kondisi tersubut kita membutuhkan komponen pendingin udara yang berada didalam mobil yaitu AC, namun seiring dengan lamanya penggunaan AC kita sering menemui hal AC mobil masih tidak dingin dan tidak bisa mendinginkan udara yang ada didalam mobil padahal cuaca diluar panas sekali, nah disini saya akan share artikel tentang apa sih penyebab AC tidak dingin ? dan bagaimana cara mengatasinya ? mari kita bahas

1. Jarang Dibersihkan

Debu-debu yang menempel pada mobil kalian atau bersarang pada mobil kalian akan menyebabkan kondisi AC kalian tidak dingin, Dikarenakan debu-debu ini menghalangi ventilasi AC mobil kalian dan itu akan menghalangi penyuplaian udara yang dikeluarkan dari dalam AC.

Semakin banyak debu yang menempel pada AC mobil Kalian semakin tidak dingin AC mobil kalian, cara mengatasinya kalian cukup rutin membersihkan ventilasi AC kalian stidaknya seminggu sekali. Kebiasaan rutin anda membersihkan ventilasi yang ada pada AC kalian bisa digunakan sebagai hal perawatan AC mobil kalian.

2. Freon Sudah Mulai Habis

Sebagai pemilik mobil kalian diharuskan menjadwalkan pengisian freon untuk mobil kalian atau pun hal lainnya yang berkaitan dengan perwatan mobil kalian. pengisian freon yang terjadwal akan mengawetkan umur AC yang ada pada kendaraan kalian. Hal ini sangat bermanfaat bagi kalian yang ingin kendaraan kalian nyaman.

Saat anda nyalakan ac hanya menghabiskan energi saja tanpa memberikan timbal balik yang menguntungkanbagi anda yakni tidak terasa dingin. Pemborosan energi tidak bisa dihindari, jika anda tidak menyadarinya sejak awal. Untuk itu diperlukan perhatian khusus dan kepekaan anda terhadap mobil pribadi yang anda miliki.

3. Coil Rusak atau Putus

Ac mobil menjadi tidak dingin lagi bisa juga diakibatkan oleh bagian spul magnetic clutch putus. Tidak hanya karena putus saja, melainkan mati pun bisa memicu ac menjadi tidak dingin. Untuk melakukan pengecekan lebih lanjut, anda bisa memperhatikan bagian spul pada saat anda sedang menghidupkan mobil.

Kerusakan atau pun matinya bagian ini biasanya bisa ditandai dengan sangat mudah, proses penghidupan mobil tanpa dibarengi dengan bagian kompresor ac yang tidak berputar. Nah proses tersebut sudah bisa mewakili dan juga menjelaskan kondisi coil yang rusak.

4. Fanbelt AC putus 
Fan Belt Putus pun bisa menyebabkan tidak dinginya AC mobil Kalian. Untuk itu perawatan memang perlu dilakukan agar anda tau jika terjadi masalah sedini mungkin sebelum kejadian buruk menimpa anda sehingga membuat kondisi menjadi tidak nyaman.

Bagian sabuk (belt) mempunyai fungsi utama dalam membantu menghubungkan antara proses putaran yang ada di bagian mesin menuju ke bagian kompresor.
5. Radiator Dalam Kondisi Kotor 
Bagian Radiator yang kotor disebabkan oleh debu yang memicu AC tidak dingin lagi. Kondisi ini mengakibatkan sistem kerja pada bagian radiator menjadi menurun secara signifikan, Jika kotoran yang ada pada radiator dibiarkan saja akan menyebabkan karat pada mesin AC karena pembuangan suhu yang tidak maksimal. Nah dampak lain yang ditimbulkan adalah memaksa penggunaan freon dalam jumlah tinggi dan pada akhirnya bagian kondensor akan bekerja tidak sempurna.


6. Terjadi Masalah Pada Cooling Fan

Perputaran pada coolingfan yang lamban maupun Mati dapat menyebabkan tidak dinginya AC pada mobil kalian dan akan berdampak pada kondesor yang tidak mampu lagi mengeluarkan suhu panasnya, sehingga udara sejuk tidak bisa dikeluarkan secara maksimal

7. Terjadi Overheat Pada Sistem Ac

Tekanan yang terjadi di dalam sistem ac yang terlalu besar akan memicu timbulnya overheat. Tekanan yang terlalu besar ini akan berdampak pada putusnya bagian magnetic clutch. Kemungkinan lain yang bisa terjadi seperti halnya putusnya arus listrik yang menghubungkan field coil dan selanjutnya bagian body kompresor tidak mampu bekerja sesuai komposisi maksimalnya.
8.  Bagian Evaporator Kotor

Blower yang terdapat pada bagian permukaan evaporator memang pada saat bekerja kenyataannya melakukan penghisapan terhadap debu, hal ini lah yang menjadi penyebab kenapa ac menjadi tidak dingin. Semakin menumpuknya debu tersebut akan menyebabkan sumbatan dan angin pada ac tidak bisa dikeluarkan lebih kencang
9.  Kondisi Kompresor Ac Aus
Kompresor pada ac aus biasanya terjadi karena penggunaan yang sudah terlalu lama namun tidak dimbangi dengan perawatan seperti halnya servis berkala. Kondisi ini akan menimbulkan tekanan yang ada pada kompresor ac dan tidak bisa bekerja dengan baik


Dari Penyebebab maupun Hal-hal yang saya sebutkan di atas dapat disumpulkan Perawatan AC secara rutin atau pengecekan pada bagian kompnenen AC secara rutin akan menghindari tidak dinginnya AC pada mobil kalian dan bisa memperpanjang umur komponen AC yang ada pada mobil kalian. Jika kalian tidak bisa melakukan perawatan AC mobil anda dirumah dengan cara yang saya share pada kalian, sebaiknya kalian bawa kebengkel AC terdekat agar ditangani teknisi yang ahli.
Demikianlah Artikel yang saya share buat kalian semoga bermanfaat tetapi ingat jika kalian menemukan masalah pada AC mobil kalian dari Rusaknya AC maupun tidak dingin nya AC mobil kalian, sebaiknya kalian kenali dulu penyebabnya. oke selalu rawat ya AC pada mobil kalian biar adem dan nyaman kl dikendarai dan semoga umur AC pada mobil kalian akan semakin panjang. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi AC Mobil Yang Sudah Tidak Dingin"

Post a Comment